Haii.... sahabat sekalian, saya irfan, maksud dari menulis blog ini adalah ingin berbagi pengalaman, informasi dan ilmu pengetahuan yang mungkin bisa sedikit bermanfaat bagi sahabat sahabat sekalian.....
Pada postingan kali ini, saya bermaksud membagikan tentang pengalaman waktu dulu di bengkel daihatsu,,
Anda punya mobil ??
Anda sibuk bekerja ??
Nggak ada waktu buat nyervisin mobil ke bengkel ??
Mungkin ada sebagian dari sobat sekalian yang kondisinya seperti pertanyaan diatas, mungkin anda sibuk bekerja, ada waktu hanya weekend, mau nyervis mobil kalau weekend itu ngantri.nya masya allah panjang banget kaya sepur atau kereta api yah sob ?? Hehehe....
Atau mungkin anda ada waktu tapi pengen irit sedikit tentang nyervis mobil anda sehingga anda pengen bisa nyervis mobil sendiri tanpa membawanya ke bengkel...
Tenang saja kawan, disini akan saya share pengalaman saya waktu mbengkel di daihatsu dulu, jadi untuk anda yang ingin tau tentang servis berkala mobil anda, baca sampai selesai yah sobb,,...
Sebenarnya nyervis mobil sendiri itu gampang gampang susah sob,, gampang itu jika kita sudah mempunyai niat untuk menyervis mobil sendiri, sedangkan susahnya itu karena didalam diri kita itu masih terdapat rasa malas, takut dan mungkin ragu2 untuk menyervis mobil sendiri...
Jadi gampang atau susah itu tergantung hati anda sob...
Okeh langsung saja bagi anda yang dalam hatinya sudah punya niat untuk menyarvis mobil sendiri, ini saya bagikan informasi servis berkala pada kendaraan roda 4, ini dia.....
Cekidott.....
SERVIS BERKALA PADA MOBIL
Servis berkala ini dilakukan agar mobil anda itu ttap terpelihara. Jadi jangan malas untuk menyervis mobil anda yah sob,,
biasanya servis brkala ini dgn melihat brapa kilometer jarak yg telah ditempuh oleh mobil anda selama pemakaian .
Jadi untuk menyervis mobil anda lihat dulu kilometer mobil anda, seperti halnya jika kita lari seberapa jauh kita harus minum, seberapa jauh pula kita harus menambah energi atau makan, ya walaupun terkadang ada orang yang menyervis kendaraannya itu tergantung berapa bulan dia sudah dipakai, namun lebih akurat itu jika melihat kilometer kendaraan...
- Servis berkala mobil berdasarkan berapa kilometer yang telah ditempuh :
*Servis 1000 km
biasanya di sebut cecking satu
yg di lakukan adalah :
- cek cairan2 kendaraan, sprt air radiator, air washer, minyak rem, air aki dan sbgainya
- cek tekanan ban sesuai dgn tekanan yg telah di tntukan (lihat buku panduan atau buka pintu mobil depan sebelah kanan , di engselnya itu ada petunjuk tekanan ban, ini bagi mobil merk daihatsu)
- torsi atau kencangkan mur atau baut roda
- cek kelistrikan body
- cek kapasitas oli mesin, bila perlu, ganti oli mesin .
- bersihkan saringan udara menggunakan kompresor
* servis 10.000 km
yg dilakukan adalah :
CEK REM
meliputi :
_ rem depan ( cakram ) :
~ kanvas rem dan piringan dibersihkan dgn cara menghamplasnya dan disemprotnya dgn breake cleaner.
~ bila kanvas rem tipis , usahakan segera diganti karena dpt mnyebabkan rem bunyi, piringan juga bisa aus dan rusak akibat dari kanvas rem yg tipis.
~ ukur run out piringan atau cakram menggunakan dial indikator.
~ cek juga sliding caliper atau pen kaliper msih dalam keadaan baik atau bebas, jika sliding caliper macet, lepas dan bersihkan serta melumasinya dengan vet atau gemuk.
~ tidak lupa juga mngecek repear kit msih dalam keadaan baik dan tidak sobek.
_rem belakang ( tromol ) :
~ buka dan periksa keadaan tromol dan kanvas rem dalam keadaan baik dan tebal kanvas rem msih sesuai.
~ jika kanvas rem tipis, usahakan segera menggantinya agar daya pengereman tetap terjaga
~ bersihkan kanvas rem dan tromolnya
mnggunakan hampelas dan breake cleaner.
~ cek run out tromol dengan dial indikator
~ cek kebocoran wheel silinder,jika bocor, segera ganti atau bongkar dan bersihkan
~ cek juga gerak bebas sepatu rem, jika macet, periksa atau ganti wheel silinder
~ setel tromol, dengan menambah atau mngurangi stelan pada penyetelan sepatu/kanvas rem lalu pasang kanvas rem dan putar tromol dan rasakan agar dirasakan ada gesekan antara tromol dalam dan kanvas rem
~ tidak lupa mengecek kabel handrem dengan cara menarik dan melepasnya dan perhatikan sepatu rem nya gerak atau tidak pada saat hand rem ditarik atau dilepas.
~ sebelum memasang roda, periksa trlebih dahulu keadaan ban, bila perlu rotasi ban dengan cara rotasi sebagai berikut:
~depan kanan ke belakang kiri
~depan kiri ke belakang kanan
~belakang kanan ke depan kanan
~belakang kiri ke depan kiri
- pasang roda dan cek tekanan ban
- torsi atau kencangkan mur atau baut roda sesuai moment yg di tentukan.
TUNE UP
Meliputi :
#Tune up pada kendaraan EFI
-Busi
Pada cek 10.000 km, busi hanya di bersihkan dengan menggunakan sikat kawat dan ukur celah busi serta setel
celah busi, biasanya 0,8-0,9 mm menggunakan filler gauge.
-Filter udara
Bersihkan filter udara dari kotoran debu, semprot menggunakan kompresor
-ISC dan trotle body
Bersihkan ISC ( idle speed control ) dan trotle body dgn mnggunakan karbu cleaner.
-ganti oli dan filter oli
-AKI / Baterai
cek dan periksa kapasitas air aki, jika kurang dari upper, tambah air aki....
Cek tegangan baterai dgn multitester...
Cek kondisi aki dan 2 terminalnya, bersihkan jika kotor
-cek kapasitas air air lainnya seperti air washer, air radiator, minyak rem dan minyak power steering jika ada...
-V-belt
Periksa kondisi dan ketegangan vbelt Jika kendor, setel kekencangan vbelt..
-periksa kembali pekerjaan anda barangkali ada soket atau baut yang belum terpasang. . . . . .
*Cheking 20.000 km
Yang dilakukan adalah sama seperti pekerjaan cheking 10.000 km, hanya saja pada cheking 20.000 ini busi tidak dibersihkan melainkan di ganti.....
* Cheking 40.000 km
Yang di lakukan adalah :
Untuk pekrjaan cek rem dan tune up sama seprti cheking 20.000 km, seperti ganti busi dan lain2, namun pada cheking 40.000 km ini dilakukan pekerjaan tambahan seperti berikut ini :
~ganti minyak/oli transmisi
~ganti minyak/oli gardan/differential
~ganti saringan udara
~ganti minyak rem ( bleading )
~ganti air radiator ( bleading )
* UNTUK CHEKING 30.000 km, 50.000 km, 70.000 km, 90.000 km dan sebagainya, pekerjaan yg dilakukan sama persis dgn pekerjaan cheking 10.000 km
* UNTUK CHEKING 60.000 km, 100.000 km, 140.000 km dan sbagainya, pekerjaan yg dilalukan sama sprti pekrjaan pada cheking 20.000 km
* UNTUK CHEKING KELIPATAN 40.000 km SPERTI 80.000 km, 120.000 km, 160.000 km dan sebagainya, pkerjaan yg dilakukan adalah sperti pkerjaan pada cheking 40.000 km....
* Dan untuk cheking kelipatan 70.000 km, dilakukan pkerjaan tambahan yaitu penggantian timing belt dan tensionernya....
Ya. . . . Itulah macam2 servis berkala yang dapat sobat sekalian terapkan atau praktrkan sendiri pada kendaraan roda 4 sobat sekalian,
Mungkin cukup segini dulu postingan
kali ini, soalnya cape ngetiknya. . . .. hehe. .
Semoga pengalaman yang pernah saya dapatkan dibengkel daihatsu ini dapat bermanfaat juga untuk sobat sekalian yahhh.....
Jangan lupa berikan kritik dan saran untuk postingan ini sob dengan cara memberikan komentar. . . .
Terima kasih. . . . .
Sampai jumpa di postingan saya berikutnyaaaa......
Sekali lagi terima kasih, kurang lebihnya mohon maaf........
Salam kenal juga untuk semuaaaa
IRFAN RISANDI
Sexual Harassment
-
*Hallo, wellcome Black do my blog ! *setelah kurang lebih 4 tahun gak nulis
kali ini gue memutuskan kembali untuk menulis. Sebenernya banyak yang
melatarb...
6 tahun yang lalu
tq infonya mas
BalasHapushttp://tiaraprivat.com
BalasHapusles privat bekasi
BalasHapusinformatif sekali , thanks infonya
BalasHapuspromo kartu kredit bri